Pentingnya Hemat Listrik Di Rumah Tangga

Listrik
Listrik
Listrik sekarang sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang di berbagai sudut bumi ini. Mengapa tidak? Karena dengan adanya listrik kita menjadi mudah dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Contohnya seperti artikel ini, tidak akan bisa anda baca jika tidak ada listrik.

Perekonomianpun menjadi semakin membaik berkat hadirnya listrik. Pak tukang bisa membuat meja pesanan pelanggan dengan cepat, Ibu menanak nasi dengan cepat tanpa perlu menyalakan api, para pelajar bisa belajar di malam hari berkat adanya lampu dan sebagainya.

#Hal-hal yang bisa dihemat di rumah

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Berikut adalah beberapanya :

(1) Lampu

Nyalakan lampu kalau keadaan sudah gelap saja. Jangan biarkan lampu tetap menyala walau hari sudah siang. Penghematan yang bisa dihasilkan dari menyalakan lampu bisa mengurangi penggunaan listrik di rumah.

(2) Televisi

Nyalakan televisi ketika kita hanya ingin menotonnya saja. Jangan tinggalkan televisi hidup sendiri sedangkan anda tidak ada di depannya. Ini pemborosan yang harus dihindari.

(3) Setrika

Ketika akan menyetrika pakaian, ada baiknya menyetrikanya sekaligus sampai selesai. Jangan menyetrika satu baju setiap hari. Misalnya hari senin memakai baju putih, hanya baju putih saja yang disetrika. Besoknya hanya menyetrika baju biru untuk dipakai pada saat itu juga. Wah,  puyeng bayar tagihan listrik ini.

(4) Handphone

Kalau baterai sudah penuh, segera cabut kabel chargernya dari sumber listrik. Jangan biarkan listrik terus mengalir ke baterai padahal ia sudah tidak bisa menampung lagi karena sudah penuh. Takutnya baterainya malah bisa rusak.

Kalau mau charge baterai handphone, sebaiknya jangan dilakukan ketika akan tidur di malam hari. Karena biasanya kita tidak tahu kapan baterai penuh akibat kita sudah terlena dengan mimpi.

*********
Itulah beberapa langkah kecil yang bisa dicoba di rumah untuk mengurangi pemakaian listrik sehari-hari. Dan jika ada peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan, sebaiknya langsung saja cabut dari sumber listrik dan simpan ditempatnya masing-masing..

Mari kita berhemat demi bumi tercinta ini..


Post a Comment

0 Comments